Sertifikasi NLP menunjang praktek hypnoterapi



Pertanyaan yang sering saya terima selama ini adalah: Apakah NLP sama dengan Hypnotherapy? Pertanyaan bagus  tetapi saya merasa gamang menjawabnya. Dan saya tidak setuju menyamakan begitu saja NLP dengan Hypnotherapy. Sekali lagi, NLP, (seperti pernah dikatakan Richard Bandler):  Adalah kumpulan metode untuk berperilaku efektif, dan dari kumpulan metode tersebut kemudian terciptalah berbagai teknik, model, pattern, salah-satunya tentu saja Milton Model yang notabene merupakan hypnotherapy).
     Hypnotherapy atau melakukan terapi dengan hypnosis membantu klien masuk ke pikiran sub-consciousness atau yang sering disebut kondisi trance. Sedalam apa trance yang efektif? Menurut Milton Erickson, sedalam yang diperlukan saja. Cara ini sempat membingungkan Budi Pamungkas CHt, CPNLP. Selama pelatihan berlangsung, beberapa kali dia memprotes: "Aku nggak yakin bisa efektif dengan teknik NLP ini, klien tidak memejamkan mata ketika proses berlangsung. Aku nggak bisa melakukan terapi tanpa aku sendiri memejamkan mata." 
        Namun, pada akhirnya Pak Budi menemukan link antara cara hypnotherapy yang dipelajarinya sebelumnya dengan cara-cara NLP (saksikan video di atas), dan Budi Pamungkas yakin, menguasai NLP dapat meningkatkan kedigdayaannya menerapi klien-kliennya. Selamat, Pak Budi, saya tak pernah meragukan Pak Budi sejak saat pertama bertemu hingga saat menyerahkan sertifikat NLP Practitioner kepada Anda!

Comments